Evaluasi Shin Tae-yong Usai Timnas U23 Indonesia Menang 2 Kali

 

JAKARTA - Shin Tae-yong menilai timnas U23 Indonesia masih jauh dari kata sempurna meskipun baru saja meraih dua kemenangan beruntun.

Terkini, Timnas U23 Indonesia sukses menaklukkan Bali United 3-1 pada laga uji coba di Stadion Madya, Senayan, DKI Jakarta, pada Minggu (7/3/2021) malam WIB.

Tiga gol kemenangan timnas U23 Indonesia dicetak oleh Kushedya Hari Yudo pada menit ke-35, Koko Ari Araya (68'), dan Osvaldo Haay (75').

Adapun satu gol balasan Bali United dicetak oleh Lerby Eliandry pada menit ke-83.

Ini adalah kemenangan kedua timnas U23 Indonesia asuhan Shin Tae-yong dalam rangkaian pemusatan latihan di Jakarta yang sudah berlangsung sejak awal Februari 2021.

Sebelumnya, timnas U23 Indonesia juga berhasil meraih kemenangan dengan margin dua gol saat mengalahkan Tira Persikabo 2-0, Jumat (5/3/2021).

Menurut Shin Tae-yong permainan timnas U23 Indonesia pada laga melawan Bali United mengalami peningkatan dibandingkan ketika menghadapi Tira Persikabo.

Namun, Shin Tae-yong menilai timnas U23 Indonesia masih banyak kekurangan meskipun berhasil meraih dua kemenangan pada laga uji coba.

Dua hal yang menjadi evaluasi Shin Tae-yong adalah kondisi fisik dan sentuhan pemain.

"Laga hari ini lebih baik dari saat lawan Tira Persikabo. Gerakan pemain lebih bagus. Semakin sering bermain kami pasti lebih baik," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers seusai laga melawan Bali United.

"Evaluasi pertama dari saya tentu masalah fisik. Kondisi fisik pemain saat ini masih buruk karena hampir satu tahun tidak bermain," ucap Shin Tae-yong.

"Sudah satu tahun tidak ada kompetisi. Itulah mengapa kami fokus membentuk fisik pemain pada pemusatan latihan kali ini," ujar Shin Tae-yong menambahkan.

"Selain itu, sentuhan pemain juga buruk karena lama tidak bermain. Para pemain sangat mudah kehilangan bola dalam dua pertandingan uji coba ini. Pemain lini belakang juga mudah dilewati," tutur Shin Tae-yong menambahkan.

"Itu yang menjadi evaluasi kami. Saya yakin penampilan timnas U23 Indonesia akan lebih baik jika memiliki kondisi fisik prima dan sering bermain," tutur Shin Tae-yong.

Laga uji coba melawan Bali United menjadi penutup pemusatan latihan timnas U23 Indonesia kali ini.

Selanjutnya, para pemain langsung dikembalikan ke klub agar bisa bersiap menghadapi Piala Menpora yang akan dimulai pada 21 Maret mendatang.

Terkait hal itu, Shin Tae-yong berharap pemain timnas U23 Indonesia bisa menjaga kondisi fisiknya selama berlatih di tim masing-masing.

"Saya harap para pemain terus membawa apa yang mereka pelajari dan dapatkan dari pemusatan latihan ini saat kembali ke klub," kata Shin Tae-yong.

"Mereka juga harus tetap menjaga kondisi fisik selama berada di klub," tutur pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan.

Pemusatan latihan yang diikuti lebih dari 30 pemain ini merupakan bagian dari persiapan timnas U23 Indonesia menjelang SEA Games 2021 Vietnam.

Tugas Shin Tae-yong sangat berat karena diminta PSSI untuk mengantar timnas U23 Indonesia membawa pulang medali emas SEA Games.

Sumber  : kompas.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel