Sungai Pacal Bojonegoro Meluap, 4 Desa Terendam Banjir

Bojonegoro - Sungai Pacal di Balen, Bojonegoro, meluap. Beberapa desa yang ada di bantaran sungai terendam banjir.
Meluapnya Sungai Pacal dikarenakan hujan deras yang terjadi sejak Selasa (2/3) sore hingga malam hari. Derasnya hujan di wilayah selatan Bojonegoro menjadi salah satu pemicu terjadinya banjir sungai meluap ini.

"Tadi pagi mulainya, deras banget air banjirnya. Ini sudah hampir satu lutut. Rumah juga kemasukan air," ujar Rendi, salah satu warga Ngadiluhur kepada detikcom, Rabu (3/3/2021).

Banjir luapan sungai ini berdampak di beberapa wilayah. Di antaranya Ngadiluhur, Sidobandung, Sidodadi, Kabunan, dan Semen kidul. Jalan desa dan lingkungan rata- rata tergenang air setinggi 20-50 cm.

Fasilitas umum yang tergenang banjir di antaranya dua masjid, balai desa, 4 musala, 2 SD dan ponpes. Persawahan dan ladang warga juga tak luput dari luapan banjir di Bojonegoro ini.

"Memang pagi tadi banjir dari Kali Gondang turun ke Kali Pacal sehingga meluap. Tim BPBD sedang assesment di lokasi," kata kepala BPBD Bojonegoro Nadif Ulfa.

Nadif mengatakan banjir kiriman ini sering terjadi karena gundulnya hutan jati di wilayah selatan Bojonegoro. Sehingga jika hujan deras banjir luapan Sungai Pacal selalu menghantui warga.

Sumber : detik.com

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel